Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca di kelas II
Mis Aisyiyah Wil.Sumut, karena guru tidak menggunakan media untuk
mempermudah penyampaian ilmu pengetahuan kepada siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas II Mis
Aisyiyah Wil.Sumut dengan penggunaan media ROCA (Roda Baca). Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan II siklus.
Dengan subjek penelitian siswa kelas II Mis Aisyiyah Wil.Sumut yang berjumlah
24 siswa yang terdiri dari 13 Siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya peningkatan keterampilan membaca dengan menerapkan media
media ROCA (Roda Baca). Peningkatan keterampilan membaca dapat dilihat dari
perolehan data pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 16 siswa yang
tuntas dengan persentase ketuntasan 66% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 8
siswa dengan persentase ketuntasan 34%. Kemudian pada siklus II siswa yang
tuntas sebanyak 21 siswa dengan persentase ketuntasan 87% dan siswa yang tidak
tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase ketuntasan 13%.