Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Efektivitas Layanan
Bimbingan Klasikal dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Perencanaan
Karir Siswa Kelas XI SMA Muhamaddiyah 1 Medan. Penelitian ini menggunakan
metode one group pretest-posttest design. Populasi penelitian berjumlah 59 siswa
dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling yakni 30 siswa kelas
XI-IPA 1, sesuai dengan karakteristik sampel yang telah ditentukan. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan kusioner
skala perencanaan karir. Pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dengan
aplikasi SPSS 31. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa angka probabilitas
Asymp. Sig (2-tailed) tingkat perencanaan karir siswa sebesar 0,01 atau probabilitas
di bawah alpha 0,05 (0,01 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan
penolakan Ho tersebut, maka penelitian ini dapat dikatakan Layanan Bimbingan
Klasikal dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa
Kelas XI SMA Muhamaddiyah 1 Medan.