Abstract:
Tujuan penelitian bertujuan untuk menganalisis beberapa hal yaitu pengaruh nano
influencer terhadap keputusan pembelian, pengaruh nano influencer terhadap
minat beli, pengaruh minat beli terhadap nano influencer dan pengaruh nano
influencer terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Dalam penelitian ini
menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan sampel sebanyak 87 responden
yang merupakan mahasiswa FEB UMSU. Teknik pengumpulan data
menggunakan daftar pernyataan seperti kuesioner dan teknik analisis data
menggunakan Path Analysis serta untuk menguji empat hipotesis yang diajukan
dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Partial Least Square (SmartPLS).
Hasil penelitan menunjukan bahwa pengaruh nano influencer terhadap keputusan
pembelian positif dan signifkan, pengaruh nano influencer terhadap minat beli
positif dan signifikan, pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian positif
dan signifikan, pengaruh nano influencer terhadap keputusan pembelian melalui
minat beli positif dan signifikan (artinya minat beli memediasi pengaruh nano
influencer terhadap keputusan pembelian).