Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi program
ISMUBAQUR di SMP Muhammadiyah 3 Medan, 2) mengidentifikasi faktor
pendukung dan penghambat dalam pengembangan program ISMUBAQUR di SMP
Muhammadiyah 3 Medan, dan 3) mengetahui strategi pengembangan program
ISMUBAQUR dalam pembentukan karakter Islami siswa SMP Muhammadiyah 3
Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi,
kemudian dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa program ISMUBAQUR dilaksanakan secara
sistematis melalui pembelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Bahasa Arab, dan
Al-Qur'an yang dipadukan dengan pembiasaan ibadah dan kegiatan ekstrakurikuler.
Faktor pendukung utama meliputi dukungan sekolah, kompetensi guru, dan
lingkungan Islami, sementara penghambatnya adalah kurangnya dukungan
sebagian orang tua, keterbatasan waktu, dan pengaruh lingkungan luar. Strategi
pengembangan dilakukan melalui pembiasaan ibadah, keteladanan guru, pelatihan,
keterlibatan orang tua, serta kegiatan tahunan seperti Mabit dan Tahfidz Camp.