Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh PLP, KKN dan
Penguasaan Teknologi terhadap Kesiapan Calon Guru pada mahasiswa Pendidikan
Akuntansi FKIP UMSU. Peneliti menggunakan sampel yaitu seluruh mahasiswa
yang mengikuti PMM pada FKIP UMSU sebanyak 82 responden. Teknik analisis
data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan software SPSS 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh PLP terhadap kesiapan
calon guru dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Terdapat pengaruh KKN
terhadap kesiapan calon guru dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan terdapat
pengaruh Penguasaan Teknologi terhadap kesiapan calon guru dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000. Adapun besarnya pengaruh PLP, KKN dan Penguasaan
Teknologi terhadap Kesiapan Calon Guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi
FKIP UMSU sebesar 82,4%.