dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bullying terhadap minat
belajar siswa di kelas IV MIN 2 Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian
kuantitatif. Teknik Sampel penelitian menggunkan teknik jenuh (sensus), di mana
seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui angket
(kuesioner), serta analisis data dilakukan dengan menguji hipotesis setelah tahapan
selesai seperti penyebaran angket. Untuk memastikan kualitas angket, digunakan
uji validitas dan reliabilitas. Dengan perhitungan numerik untuk menarik
kesimpulan. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi
klasik, serta uji parsial (t), koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil uji parsial,
terdapat variabel yang berpengaruh signifikan terhadap minat belajar. Hasil
pengujian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara
hipotesis nol (Ho) ditolak. Selain itu, nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel
mengindikasikan bahwa Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa bullying
memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar. Koefisien determinasi yang
diperoleh sebesar 0,625, yang berarti bahwa 62,5% variasi dalam minat belajar (Y)
dipengaruhi oleh variabel independen, yaitu minat belajar (X1). Sementara itu,
37,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. |
en_US |