Abstract:
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Puzzle
Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas
IV SD Negeri 106148 Bulu Cina. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu
bagaimana pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan berpikir
kritis siswa pada pembelajaran IPA dikelas IV SD Negeri 106148 Bulu Cina.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Media
puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas
IV SD Negeri 106148 Bulu Cina. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis
penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV SD
Negeri 106148 Bulu Cina. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini
adalah dengan menggunakan instrument Tes. Pengujian hipotesis dalam
penelitian ini menggunakan rumus uji-t test yang didahului dengan uji prasyarat
yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis yang diperoleh
menunjukan bahwa penggunaan media puzzle mempunyai nilai signifikan
sebesar 0,000. Maka nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perlakuan yang berikan oleh
masing –masing variabel. maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat adanya
pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan memperoleh rata-rata berpikir
kritis siswa pada kelas kontrol ( konvensional ) sebesar 57,39. Sedangkan rata
rata keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen menggunakan
(media puzzle) sebesar 89,65. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis
siswa pada pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 106148 Bulu Cina”.