dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V SD
Muhammadiyah 18 Medan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 orang. Instrumen
penelitian meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes keterampilan
berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, ditandai dengan peningkatan
partisipasi aktif dalam diskusi, kemampuan mengajukan pertanyaan yang
menantang, serta penyampaian pendapat yang lebih logis dan sistematis. Pada
siklus I keterampilan berpikir kritis siswa berada pada kategori cukup, sedangkan
pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning efektif dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS
di SD Muhammadiyah 18 Medan. |
en_US |