Research Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author NUR MAINI, HARAHAP
dc.date.accessioned 2025-10-17T02:38:31Z
dc.date.available 2025-10-17T02:38:31Z
dc.date.issued 2025-08-26
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29129
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, ditandai dengan peningkatan partisipasi aktif dalam diskusi, kemampuan mengajukan pertanyaan yang menantang, serta penyampaian pendapat yang lebih logis dan sistematis. Pada siklus I keterampilan berpikir kritis siswa berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di SD Muhammadiyah 18 Medan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Keterampilan Berpikir Kritis en_US
dc.subject IPAS en_US
dc.subject Pembelajaran Kelas V en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account