Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Roti (Roda
Trigonometri) pada materi trigonometri kelas X di MAS Al – Washliyah 20 Sei
Rampah. Latar belakang penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep
trigonometri masih tergolong rendah, akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam
memahami materi. Penyebabnya mungkin terletak pada cara pembelajaran yang
menekankan pada penghafalan rumus dan kurangnya pemanfaatan media
pembelajaran atau alat bantu. Media Roti dipilih karena dapat membantu siswa
memvisualisasikan perubahan nilai sinus, cosinus, dan tangen, sehingga dapat
memudahkan mereka memahami konsep – konsep trigonnometri. Metode
penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba penelitian ini
adalah siswa kelas X di Mas Al – Washliyah 20 Sei Rampah. Instrument penelitian
yang digunakan meliputi lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media,
angket siswa, serta tes hasil belajar (pretest dan posttest). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa media pembelajaran Roti yang dikembangkan valid dengan
nilai rata – rata validasi ahli materi 77,5% dan validasi ahli media sebesar 94,4%.
Kepraktisan media berada pada kategori sangat praktis dengan nilai rata – rata
angket respon siswa 86,29%. Efektivitas media dilihat dari peningkatan
pemahaman konsep siswa melalui tes hasil belajar, diperoleh rata – rata N – Gain
0,5 yang berada pada kategori sedang Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Roti (Roda Trigonometri) layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan
pemahaman konsep siswa pada materi trigonometri di MAS Al – Washliyah 20 Sei
Rampah.