dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Puzzle
Maker terhadap literasi membaca siswa kelas II di SD Negeri 104204 Sambirejo
Timur. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya kemampuan literasi
membaca siswa yang disebabkan kurangnya variasi media pembelajaran. Metode
penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest
control group design. Sampel penelitian berjumlah 22 siswa kelas II yang dipilih
dari populasi seluruh siswa kelas II di sekolah tersebut. Instrumen penelitian
berupa lembar observasi dan tes lisan yang digunakan untuk mengukur
kemampuan literasi membaca sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada literasi membaca siswa setelah
diterapkan media Puzzle Maker. Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 55%
meningkat menjadi 78% pada posttest. Uji-t menggunakan SPSS versi 25
menunjukkan nilai thitung 7,495 > ttabel 1,724 dengan taraf signifikansi 0,05,
yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan
media Puzzle Maker berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi membaca
siswa kelas II. Dengan demikian, media Puzzle Maker dapat dijadikan sebagai
alternatif inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya untuk
meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar. |
en_US |