Research Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI

Show simple item record

dc.contributor.author NAZWA, ZAFIRA ALYA
dc.date.accessioned 2025-10-15T03:05:43Z
dc.date.available 2025-10-15T03:05:43Z
dc.date.issued 2025-09-13
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29080
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di sebuah SMA dengan jumlah 50 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, tes pemecahan masalah matematika berupa pre-test dan post-test, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah penerapan model TSTS. Rata-rata skor pre-test sebesar 32,50 meningkat menjadi 52,10 pada post-test siklus I, dan mencapai 75,50 pada post-test siklus II. Selain itu, model pembelajaran ini berhasil meningkatkan partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas XI. ii en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject pembelajaran kooperatif en_US
dc.subject Two Stay Two Stray (TSTS), pemecahan en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account