Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas XI. Metode
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua
siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di sebuah SMA dengan jumlah
50 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, tes pemecahan
masalah matematika berupa pre-test dan post-test, serta wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa setelah penerapan model TSTS. Rata-rata skor pre-test sebesar
32,50 meningkat menjadi 52,10 pada post-test siklus I, dan mencapai 75,50 pada
post-test siklus II. Selain itu, model pembelajaran ini berhasil meningkatkan
partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray
(TSTS) efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika
pada siswa kelas XI.
ii