Research Repository

PEMIKIRAN IBNU JAMA‟AH TENTANG ETIKA GURU TERHADAP MURID

Show simple item record

dc.contributor.author IQBAL, IRFAN NANDA
dc.date.accessioned 2025-10-15T01:36:39Z
dc.date.available 2025-10-15T01:36:39Z
dc.date.issued 2025-09-12
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29065
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul “Pemikiran Ibnu Jama‟ah tentang Etika Guru terhadap Murid”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana konsep etika keguruan yang ditawarkan Ibnu Jama‘ah dalam karya monumentalnya Tadzkirah al-Sami‟ wa al-Mutakallim fi Adab al-„Alim wa al Muta‟allim. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab karya Ibnu Jama‘ah tersebut, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur yang relevan mengenai pendidikan Islam dan etika keguruan. Hasil telaah menunjukkan bahwa Ibnu Jama‘ah menekankan empat aspek pokok etika guru terhadap murid, yaitu dimensi spiritual, moral, pedagogis, dan sosial, yang dirumuskan dalam 14 prinsip dasar. Dalam pandangannya, guru tidak hanya bertugas menyampaikan ilmu, tetapi juga harus berperan sebagai teladan akhlak, pembimbing spiritual, dan pengasuh yang penuh kasih sayang. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan seharusnya tidak hanya berorientasi pada transfer pengetahuan, melainkan juga membentuk kepribadian murid melalui keteladanan dan akhlak mulia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemikiran Ibnu Jama‘ah tentang etika keguruan masih sangat relevan untuk menjawab problematika pendidikan kontemporer, khususnya dalam mengatasi krisis etika yang terjadi pada dunia pendidikan masa kini. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Etika Guru en_US
dc.subject Ibnu Jama‘ah en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Akhlak en_US
dc.subject Kontemporer en_US
dc.title PEMIKIRAN IBNU JAMA‟AH TENTANG ETIKA GURU TERHADAP MURID en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account