Abstract:
Penelitian ini berjudul “Pemikiran Ibnu Jama‟ah tentang Etika Guru
terhadap Murid”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana
konsep etika keguruan yang ditawarkan Ibnu Jama‘ah dalam karya
monumentalnya Tadzkirah al-Sami‟ wa al-Mutakallim fi Adab al-„Alim wa al
Muta‟allim. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan library research. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab karya
Ibnu Jama‘ah tersebut, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur yang
relevan mengenai pendidikan Islam dan etika keguruan. Hasil telaah menunjukkan
bahwa Ibnu Jama‘ah menekankan empat aspek pokok etika guru terhadap murid,
yaitu dimensi spiritual, moral, pedagogis, dan sosial, yang dirumuskan dalam 14
prinsip dasar. Dalam pandangannya, guru tidak hanya bertugas menyampaikan
ilmu, tetapi juga harus berperan sebagai teladan akhlak, pembimbing spiritual, dan
pengasuh yang penuh kasih sayang. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan
seharusnya tidak hanya berorientasi pada transfer pengetahuan, melainkan juga
membentuk kepribadian murid melalui keteladanan dan akhlak mulia. Penelitian
ini menyimpulkan bahwa pemikiran Ibnu Jama‘ah tentang etika keguruan masih
sangat relevan untuk menjawab problematika pendidikan kontemporer, khususnya
dalam mengatasi krisis etika yang terjadi pada dunia pendidikan masa kini.