Research Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA MEDAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PAJAK BAGI MASYARAKAT DI ERA DIGITAL

Show simple item record

dc.contributor.author ANNISA, SYIFA
dc.date.accessioned 2025-10-14T03:22:50Z
dc.date.available 2025-10-14T03:22:50Z
dc.date.issued 2025-09-12
dc.identifier.issn issn
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29047
dc.description.abstract Tujuan penelitian “ Strategi Komunikasi Publik Badan Pendapatan Daerah Kota Medan Dalam Meningkatkan Kesadaran Pajak Bagi Masyarakat di Era Digital” adalah Menganalisis strategi komunikasi public Badan Pendapatan Daerah Kota Medan dalam meningkatkan kesadaran pajak bagi Masyarakat di era digital serta Menganalisis apa saja hambatan yang doihadapi oleh Badan Pendapatan Daerah Kota Medan dalam meningkatka kesadaran pajak bagi Masyarakat di era digital. Teori yang digunakan adalah Grunig dan Hunt. Mereka menekankan pentingnya komunikasi dua arah untuk berhubungan dengan audiens. Metodologi penelitian yang diambil adalah deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian dengan melakukan proses observasi, melakukan wawancara dengan narasumber, dokumentasi, dan hasil. Narasumber yang diwawancarai oleh peneliti yakni berjumlah 5 (lima) orang danLokasi penelitian berada di Badan Pendapatan Daerah kota Medan yang berada di Jalan Besar A.H Nasution No. 32, Pangkalan Mahsyur, Kec. Medan Johor Kota Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Utara. Dengan mewawancarai koordinator komunikasi, media & informasi dan pengelola data & informasi. Penelitian ini dimulai dari bulan Februari hingga bulan April tahun 2025. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang diterapkan oleh Bapenda Kota Medan menunjukkan komitmen kuat terhadap prinsip keadilan, kesetaraan akses, dan pelayanan publik yang berorientasi pada kebutuhan nyata masyarakat. Dengan menggabungkan inovasi teknologi, pendekatan lapangan, penyederhanaan bahasa, serta edukasi yang berkelanjutan dan berempati, Bapenda tidak hanya menciptakan sistem perpajakan yang lebih efisien, tetapi juga sistem yang lebih manusiawi dan inklusif. Hal ini menunjukkan bahwa Bapenda Kota Medan tidak hanya fokus pada peningkatan penerimaan pajak semata, tetapi juga pada pembangunan hubungan yang sehat dan berkelanjutan antara pemerintah dan masyarakat dalam kerangka pembangunan daerah yang berkeadilan dan berdaya saing. en_US
dc.subject Strategi komunikasi publik en_US
dc.subject Badan Pendapatan Daerah Kota Medan en_US
dc.subject Masyarakat Era Digital en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA MEDAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PAJAK BAGI MASYARAKAT DI ERA DIGITAL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account