Research Repository

ANALISIS PEMAHAMAN KOMUNIKASI PIMPINAN DENGAN GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PERCONTOHAN TEBING TINGGI

Show simple item record

dc.contributor.author MAHYANI HARAHAP, RISDA
dc.date.accessioned 2025-10-14T03:18:13Z
dc.date.available 2025-10-14T03:18:13Z
dc.date.issued 2025-09-12
dc.identifier.issn issn
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29045
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman komunikasi pimpinan dengan guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Percontohan Tebing Tinggi. Komunikasi efektif merupakan faktor penting yang dapat memengaruhi kinerja guru, baik dalam proses belajar mengajar maupun dalam peningkatan mutu pembelajaran. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi pimpinan, peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran, serta pemahaman komunikasi antara pimpinan dengan guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan kualitatif dipilih karena mampu menggali pemahaman mendalam terkait fenomena sosial yang terjadi di lingkungan madrasah, khususnya dalam konteks komunikasi antara pimpinan dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah mengutamakan komunikasi terbuka dan transparan, baik secara verbal maupun nonverbal. Komunikasi tersebut berdampak positif terhadap motivasi dan semangat kerja guru, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Namun, penelitian ini juga menemukan adanya kendala dalam pemahaman komunikasi yang digunakan oleh guru, seperti keterbatasan keterampilan komunikasi, perbedaan bahasa dan budaya, kondisi lingkungan kelas, serta penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Komunikasi yang baik dari kepala madrasah, berupa komunikasi terbuka, pemberian umpan balik konstruktif, pemberdayaan guru melalui pelatihan, dan pemanfaatan teknologi, sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru serta mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Percontohan Tebing Tinggi. en_US
dc.subject Komunikasi en_US
dc.subject Pimpinan en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Mutu Pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS PEMAHAMAN KOMUNIKASI PIMPINAN DENGAN GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PERCONTOHAN TEBING TINGGI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account