Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman komunikasi pimpinan
dengan guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran siswa di Madrasah
Tsanawiyah Percontohan Tebing Tinggi. Komunikasi efektif merupakan faktor
penting yang dapat memengaruhi kinerja guru, baik dalam proses belajar
mengajar maupun dalam peningkatan mutu pembelajaran. Secara khusus,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi pimpinan,
peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran, serta pemahaman komunikasi
antara pimpinan dengan guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yang
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan kualitatif
dipilih karena mampu menggali pemahaman mendalam terkait fenomena sosial
yang terjadi di lingkungan madrasah, khususnya dalam konteks komunikasi antara
pimpinan dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah
mengutamakan komunikasi terbuka dan transparan, baik secara verbal maupun
nonverbal. Komunikasi tersebut berdampak positif terhadap motivasi dan
semangat kerja guru, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja guru dalam proses
pembelajaran. Namun, penelitian ini juga menemukan adanya kendala dalam
pemahaman komunikasi yang digunakan oleh guru, seperti keterbatasan
keterampilan komunikasi, perbedaan bahasa dan budaya, kondisi lingkungan
kelas, serta penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Komunikasi yang
baik dari kepala madrasah, berupa komunikasi terbuka, pemberian umpan balik
konstruktif, pemberdayaan guru melalui pelatihan, dan pemanfaatan teknologi,
sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru serta mutu pembelajaran di
Madrasah Tsanawiyah Percontohan Tebing Tinggi.