Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project
Based Learning Dalam Meniningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran
ppkn Kelas XI SMK Muhammadiyah 08 Medan Tahun Ajaran 2025/2026yang
menggunakan metode kuantitatif dengan teknik kolerasi berdasarkan IBM SPSS
Statistic teknik pengumpulan data melalui kuesioner pretest dan posttest dengan
populasi sebanyak 33 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 08 Medan Tahun
Ajaran 2025/2026. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uju normalitas
dan uji hipotesis. Hasil dari analisis data ini menunjukan bahwa penelitian ini valid,
data dianggap distribusi normal, nilai signifikan (sig.) 0,001>0,05 dan menunjukan
peningkatan dari hasil pretest dan posttest dengan nilai rata-rata 17,9 dengen
presentasi 64% maka, dapat disimpulksn bahwa model pembelajaran project based
learning berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa kelas XI SMK Muhammadiyah
08 Medan secara signifikan.