Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TANJUNGBALAI

Show simple item record

dc.contributor.author VIRDY, RIZKY PJT
dc.date.accessioned 2025-10-13T03:30:24Z
dc.date.available 2025-10-13T03:30:24Z
dc.date.issued 2025-08-23
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29016
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjungbalai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Korelasi Pearson (Product Moment) yang diolah melalui software IBM SPSS Statistics. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pretest dan posttest kepada seluruh populasi yang terdiri dari 31 siswa. Selain itu, data yang diperoleh dianalisis dengan uji validitas dan uji reliabilitas untuk memastikan keabsahan instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 64,6% siswa yang menggunakan media sosial secara bijak dan untuk kepentingan edukatif cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih baik. Sebaliknya, 35,4% siswa yang menggunakan media sosial secara berlebihan untuk hal-hal non-edukatif mengalami penurunan motivasi dan konsentrasi dalam belajar. Temuan ini mengindikasikan adanya hubungan yang signifikan antara pola penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial memiliki pengaruh yang nyata terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, baik dalam aspek positif maupun negatif, tergantung pada intensitas dan tujuan penggunaannya. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TANJUNGBALAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account