Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap
prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjungbalai. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Korelasi Pearson
(Product Moment) yang diolah melalui software IBM SPSS Statistics. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pretest dan posttest kepada
seluruh populasi yang terdiri dari 31 siswa. Selain itu, data yang diperoleh dianalisis
dengan uji validitas dan uji reliabilitas untuk memastikan keabsahan instrumen
penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 64,6% siswa yang menggunakan
media sosial secara bijak dan untuk kepentingan edukatif cenderung memiliki prestasi
belajar yang lebih baik. Sebaliknya, 35,4% siswa yang menggunakan media sosial
secara berlebihan untuk hal-hal non-edukatif mengalami penurunan motivasi dan
konsentrasi dalam belajar. Temuan ini mengindikasikan adanya hubungan yang
signifikan antara pola penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa. Oleh
karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial memiliki pengaruh yang
nyata terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, baik dalam aspek positif maupun
negatif, tergantung pada intensitas dan tujuan penggunaannya.