Abstract:
Penelitiann ini berangkat dari minimnya kemampuan siswa
dalam menafsiri teks negosiasi akibat penggunaan metode konvensional yang
kurang interaktif serta minimnya keterlibatan aktif peserta didik dalam
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dipadukan dengan media video
interaktif terhadap pemahaman teks negosiasi siswa kelas X SMK PAB 2 Medan
Helvetia. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain
eksperimen semu (quasi experimental) melalui model One Group Pretest-Posttest
Design. Instrumen berupa soal pilihan ganda diberikan sebelum dan sesudah
perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan,
yakni rata-rata nilai siswa pada pretest sebesar 57,28 meningkat menjadi 82,88
pada posttest. Uji normalitas memperlihatkan bahwa data pretest dan posttest
berdistribusi normal, sehingga uji-t dapat digunakan. Hasil uji-t memperoleh nilai
signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan
signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dari temuan tersebut dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan video
interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks negosiasi.
Model yang ditampung dalam pengkajian ini dijadikan sebagai jembatan strategi
pembelajarani yang aktif, kolaboratif, dan menyokong dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia di tingkat SMK