Research Repository

PENDEKATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI MTS ‘AISYIYAH SUMATERA UTARA

Show simple item record

dc.contributor.author NOER, DJANIUS SAHFITRI
dc.date.accessioned 2025-10-11T04:58:53Z
dc.date.available 2025-10-11T04:58:53Z
dc.date.issued 2025-08-13
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28991
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di MTs ‗Aisyiyah Sumatera Utara, metode dan strategi yang diterapkan, serta tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, kepala sekolah, dan siswa, serta observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan pendekatan kontekstual dan humanistik dalam menyampaikan materi Kemuhammadiyahan. Metode pembelajaran yang dominan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, keteladanan, dan praktik langsung. Strategi kreatif seperti penggunaan media visual dan pembelajaran berbasis proyek juga diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Adapun tantangan yang dihadapi guru mencakup keterbatasan waktu, kurangnya minat siswa, dan keterbatasan media pembelajaran. Guru berupaya mengatasinya dengan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa serta menciptakan suasana pembelajaran yang partisipatif dan bermakna. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pendekatan Guru en_US
dc.subject Pembelajaran Kemuhammadiyahan en_US
dc.subject Kontekstual en_US
dc.subject Humanistik en_US
dc.subject Karakter en_US
dc.title PENDEKATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI MTS ‘AISYIYAH SUMATERA UTARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account