Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan yang
digunakan oleh guru dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di MTs ‗Aisyiyah
Sumatera Utara, metode dan strategi yang diterapkan, serta tantangan yang
dihadapi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui
wawancara dengan guru, kepala sekolah, dan siswa, serta observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan
pendekatan kontekstual dan humanistik dalam menyampaikan materi
Kemuhammadiyahan. Metode pembelajaran yang dominan meliputi ceramah
interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, keteladanan, dan praktik langsung.
Strategi kreatif seperti penggunaan media visual dan pembelajaran berbasis
proyek juga diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Adapun tantangan
yang dihadapi guru mencakup keterbatasan waktu, kurangnya minat siswa, dan
keterbatasan media pembelajaran. Guru berupaya mengatasinya dengan
mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa serta menciptakan suasana
pembelajaran yang partisipatif dan bermakna.