Research Repository

Strategi Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Partisipasi Keaktifan Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Yayasan SMP Dharma Utama

Show simple item record

dc.contributor.author Nissa, Zahru Oktavianti
dc.date.accessioned 2025-10-11T04:41:25Z
dc.date.available 2025-10-11T04:41:25Z
dc.date.issued 2025-08-04
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28990
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Yayasan SMP Dharma Utama yang dimana untuk menemukan dan menganalisis strategi-strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar PAI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif studi kasus. pendekatan ini dapat memberikan dasar teoritis beserta gagasan inovatif yang berfungsi sebagai acuan dalam merancang metode yang efektif untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa, khususnya dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Teknik pengumpulan data dalam studi pustaka dapat dilakukan melalui berbagai sumber, antara lain telaah buku, artikel jurnal, laporan penelitian, situs web, surat kabar, dan majalah. Hasil penelitian dan analisis yang didapat di lapangan bisa disimpulkan bahwa Yayasan SMP Dharma Utama menunjukkan keberhasilan yang signifikan dalam menciptakan pengalaman belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) yang aktif, menarik, dan berpusat pada siswa. Melalui kombinasi metode tutor sebaya, pembelajaran inquiry, dan Project-Based Learning (PBL) dengan media audiovisual. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Strategi Pembelajarana Inovatif en_US
dc.subject Keaktifan Siswa en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Strategi Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Partisipasi Keaktifan Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Yayasan SMP Dharma Utama en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account