Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Yayasan SMP Dharma Utama yang dimana untuk menemukan dan menganalisis strategi-strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar PAI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif studi kasus. pendekatan ini dapat memberikan dasar teoritis beserta gagasan inovatif yang berfungsi sebagai acuan dalam merancang metode yang efektif untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa, khususnya dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Teknik pengumpulan data dalam studi pustaka dapat dilakukan melalui berbagai sumber, antara lain telaah buku, artikel jurnal, laporan penelitian, situs web, surat kabar, dan majalah. Hasil penelitian dan analisis yang didapat di lapangan bisa disimpulkan bahwa Yayasan SMP Dharma Utama menunjukkan keberhasilan yang signifikan dalam menciptakan pengalaman belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) yang aktif, menarik, dan berpusat pada siswa. Melalui kombinasi metode tutor sebaya, pembelajaran inquiry, dan Project-Based Learning (PBL) dengan media audiovisual.