dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran UNO MATH
pada mata pelajaran Matematika materi perkalian di kelas III MI Bustanul Arifin.
Latar belakang penelitian ini didasari oleh kurangnya penggunaan media
pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, sehingga siswa cenderung pasif
dan mudah bosan dalam proses belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti
mengembangkan media permainan kartu UNO yang dimodifikasi menjadi UNO
MATH agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Tahapan penelitian dilakukan
mulai dari analisis kebutuhan, perancangan media menggunakan aplikasi Canva
dan Photoshop, validasi oleh para ahli, hingga uji coba terbatas pada siswa kelas
III.
Hasil validasi menunjukkan bahwa media UNO MATH memperoleh nilai
kelayakan dari ahli media sebesar 96% (sangat valid), ahli bahasa 98% (sangat
valid), dan ahli materi 95% (sangat valid). Uji kepraktisan memperoleh hasil
respon guru 92% (sangat praktis) dan respon siswa 92,9% (sangat praktis). Hal ini
menunjukkan bahwa media UNO MATH layak dan praktis digunakan dalam
pembelajaran matematika, karena mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, dan
pemahaman konsep perkalian siswa melalui kegiatan bermain sambil belajar.
Dengan itu, pengembangan media UNO MATH dapat menjadi alternatif media
pembelajaran inovatif yang efektif untuk menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan serta meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian. |
en_US |