Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Interaksi Nano Influencer dan Customer Experience Terhadap Loyalitas
Konsumen melalui Kepuasan Konsumen secara langsung maupun secara tidak
langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang membeli
produk makanan yang dipromosikan melalui konten Nano Influencer di media
sosial. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus lemeshow sehingga di
peroleh
96 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara dan produk yang dianalisis adalah produk
makanan yang dipromosikan melalui konten Nano Influencer di media sosial.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
menggunakan analisis statistik dengan menggunakan uji Analisis Auter Model,
Analisis Inner Model, dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa secara langsung Interaksi Nano Influencer, Customer
Experience dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
konsumen, Interaksi Nano Influencer dan Customer Experience berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen. sedangkan secara tidak langsung Interaksi Nano
Influencer dan Customer Experience berpengaruh signifikan pengaruh loyalitas
konsumen melalui kepuasan konsumen.