Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Reciprocal Teaching terhadap kemampuan menulis teks biografi oleh siswa kelas
X SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. Penelitian ini juga
bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis teks biografi dengan
menggunakan metode pembelajaran konvensional serta apakah terdapat pengaruh
yang signifikan dari model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan menulis teks
biografi. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
dengan metode eksperimen dan menggunakan desain posttest only control design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri atas 9 kelas.
Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil secara acak, yaitu kelas X-1
sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan adalah tes menulis teks biografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan menulis teks biografi pada kelas eksperimen berada pada kategori baik
dengan nilai rata-rata 80,33, sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori
sangat kurang dengan nilai rata-rata 51,5. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung
> ttabel yaitu 12,87 > 1,67. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dari model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan
menulis teks biografi oleh siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan Tahun
Pembelajaran 2024/2025.