Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model
Pembelajaran “SAVI” terhadap Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia di kelas IV SD Swasta Islamiyah Diski Kabupaten Deli Serdang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eskperimen dengan Two Grup Pretest-Posttest
Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dengan jumlah siswa
25 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa IVB dengan 25 orang sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang
terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata
rata kelas eksperimen yaitu yang diberi pembelajaran menggunakan model
pembelajaran SAVI adalah 77.00. Sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol
yaitu yang diberi pembelajaran menggunakan buku teks pelajaran bahasa
Indonesia saja adalah 29,24. Hal ini menunjukkan bahwa Kreativitas Siswa Dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Islamiyah Diski
Kabupaten Deli Serdang kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas
kontrol. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai thitung = 21,692 sedangkan nilai
ttabel = 2,06390. Nilai tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (21,692 >
2,06390), dengan demikian tolak Ho terima Ha. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa: terdapat pengaruh model pembelajaran “SAVI” terhadap kreativitas siswa
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Islamiyah Diski
Kabupaten Deli Serdang.