dc.description.abstract |
Tujuan dari studi ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan mengkaji kesalahan
dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada paragraf deskriptif karya
siswa kelas IV di Sanggar Belajar Kepong, Malaysia, menjadi fokus studi ini.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif serta menggunakan
teknik analisis dokumen, dimana data diambil dari tulisan sembilan orang siswa
melalui proses observasi serta dokumentasi tersebut kemudian dianalisis melalui
tahap-tahap pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa kekeliruan yang paling sering terjadi
berkaitan dengan penggunaan huruf kapital khususnya saat menulis nama hari
serta bulan, dengan persentase sebesar 44% dan masuk kategori “baik” (skor 69
75). Kesalahan lain mencakup pemakaian huruf kapital di awal kalimat dan saat menulis nama orang, masing-masing sebesar 11%, dikategorikan “kurang” dan
“cukup baik”. Penggunaan huruf kapital untuk nama tempat juga menunjukkan
persentase kesalahan sebesar 11% dan berada dalam kategori “cukup baik”. Selain
itu, kesalahan tanda baca, misalnya titik dan tanda tanya. juga ditemukan dengan
persentase kesalahan masing-masing 11%, termasuk kategori “baik”. Secara
umum, Kesalahan tersebut mencerminkan rendahnya pemahaman siswa terhadap
kaidah ejaan dan tanda baca masih perlu ditingkatkan. Faktor penyebabnya antara
lain kurangnya motivasi belajar, pembiasaan menulis yang belum optimal, dan
kurang inovatifnya metode pembelajaran guru. |
en_US |