dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran
matematika melalui penerapan media digital Wordwall di kelas III SD
Muhammadiyah 12 Medan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui
observasi aktivitas siswa dan guru, serta angket respon siswa terhadap
pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa
dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, partisipasi siswa mencapai rata-rata 55%,
sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,05%. Hasil observasi kegiatan guru
juga meningkat dari 78,33% pada siklus I menjadi 86,66% pada siklus II. Selain
itu, hasil angket siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan antusiasme belajar,
dengan rata-rata skor meningkat dari di bawah KKM pada siklus I menjadi di atas
80 pada skala 100 di siklus II. Dengan demikian, penerapan media digital Wordwall
terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran
matematika. |
en_US |