Research Repository

STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PENGUATAN KEPRIBADIAN ISLAMI PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 57

Show simple item record

dc.contributor.author HIBATULLAH, RIFQOH
dc.date.accessioned 2025-10-10T02:47:26Z
dc.date.available 2025-10-10T02:47:26Z
dc.date.issued 2025-10-08
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28946
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penerapan pendidikan akhlak dalam upaya penguatan kepribadian Islami peserta didik di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Pendidikan akhlak menjadi aspek penting dalam membentuk karakter siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki nilai-nilai keislaman dalam perilaku sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan sekolah meliputi integrasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran, keteladanan guru, kegiatan keagamaan rutin seperti sholat berjamaah dan kultum, serta pembiasaan sikap sopan santun dan tanggung jawab. Selain itu, keterlibatan orang tua dan pengawasan berkelanjutan turut memperkuat penerapan nilai akhlak. Penerapan strategi ini terbukti efektif dalam membentuk kepribadian siswa yang berlandaskan nilai-nilai Islam, seperti jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan saling menghargai. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Pendidikan Akhlak en_US
dc.subject Kepribadian Islami en_US
dc.title STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PENGUATAN KEPRIBADIAN ISLAMI PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 57 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account