Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penerapan pendidikan
akhlak dalam upaya penguatan kepribadian Islami peserta didik di SMP
Muhammadiyah 57 Medan. Pendidikan akhlak menjadi aspek penting dalam
membentuk karakter siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga
memiliki nilai-nilai keislaman dalam perilaku sehari-hari. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi yang digunakan sekolah meliputi integrasi nilai-nilai
akhlak dalam pembelajaran, keteladanan guru, kegiatan keagamaan rutin seperti
sholat berjamaah dan kultum, serta pembiasaan sikap sopan santun dan tanggung
jawab. Selain itu, keterlibatan orang tua dan pengawasan berkelanjutan turut
memperkuat penerapan nilai akhlak. Penerapan strategi ini terbukti efektif dalam
membentuk kepribadian siswa yang berlandaskan nilai-nilai Islam, seperti jujur,
disiplin, bertanggung jawab, dan saling menghargai.