Research Repository

PENGARUH METODE GAME BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author AFIFAH, NAJWA AZZAHRA
dc.date.accessioned 2025-10-09T02:13:54Z
dc.date.available 2025-10-09T02:13:54Z
dc.date.issued 2025-08-30
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28924
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran game based learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Penelitian ini dilakukan atas asumsi bahwa metode game based learning dapat memberikan pengaruh untuk minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jenis Quasi eksperimental design one group pretest post-test only. Adapun penelitian ini dilakukan pada seluruh siswa SMP Muhammadiyah 4 Medan yang berjumlah 66 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei/kuisioner, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji analisis diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode game based learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 4 Medan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.subject Metode Game Based Learning en_US
dc.subject PAI en_US
dc.title PENGARUH METODE GAME BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account