Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran game
based learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Penelitian ini dilakukan atas asumsi bahwa
metode game based learning dapat memberikan pengaruh untuk minat belajar siswa
pada mata pelajaran PAI di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif,
dengan jenis Quasi eksperimental design one group pretest post-test only. Adapun
penelitian ini dilakukan pada seluruh siswa SMP Muhammadiyah 4 Medan yang
berjumlah 66 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah survei/kuisioner, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis instrument
dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Adapun teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Wilcoxon. Berdasarkan
hasil uji analisis diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode game based learning terhadap minat
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 4
Medan.