Abstract:
Penelitian ini secara spesifik meneliti pengaruh model pembelajaran Snowball
Throwing terhadap keaktifan belajar siswa kelas V-C di SDS Muhammadiyah 02
Medan pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah
kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS yang disebabkan oleh metode
ceramah yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Snowball Throwing terhadap keaktifan belajar siswa. Model
Snowball Throwing sendiri merupakan model pembelajaran kooperatif yang
melibatkan siswa dalam membuat dan melempar bola kertas berisi pertanyaan
terkait materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
pre-eksperimental, melibatkan 27 siswa kelas V-C SDS Muhammadiyah 02
Medan. Data keaktifan belajar siswa dikumpulkan melalui observasi dan
dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan
adanya pengaruh positif model pembelajaran Snowball Throwing terhadap
keaktifan belajar siswa. Keaktifan belajar siswa meningkat setelah diterapkannya
model pembelajaran Snowball Throwing. Model ini mampu membuat siswa lebih
aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini secara komprehensif
mengkaji pengaruh model pembelajaran Snowball Throwling terhadap keaktifan
belajar siswa kelas V-C di SDS Muhammadiyah 02 Medan pada mata pelajaran
IPS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam
keaktifan belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Snowball
Throwling. Hal ini didukung oleh data observasi yang menunjukkan perbedaan
yang jelas antara tingkat keaktifan siswa sebelum dan sesudah intervensi.