dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini yaitu inovasi media pembelajaran Pop Up Book Type Flap Pada
Mata Pelajaran IPAS Kelas V dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki
limat tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Hanya saja dipenelitian ini membatasi sampai dengan implementasi. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket dengan tujuan untuk mengetahui
kevalidan dan kepraktisan media Pop Up Book Type Flap. Hasil penelitian
menunjukan pengembangan media Pop Up Book Type Flap memperoleh hasil validasi
materi sebesar 89% dan validasi desain media sebesar 93% serta validasi bahasa
sebesar 96%. Ketiga validasi tersebut masuk kategori sangat valid diimplementasikan.
Sedangkan amgket respon siswa mendapatkan nilai sebesar 91% dan hasil angket
respon guru sebesar 93%. Dari kedua angker respon tersebut termasuk kategori praktis
digunakan. Hal ini dapat diartikan bahwa pengembangan media Pop Up Book Type
Flap pada mata pelajaran IPAS dapat menarik perhatian dan minat peserta didik aktif
dalam proses pembelajaran. |
en_US |