Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya minat membaca dengan
kemampuan membaca siswa dalam proses pembelajaran terutama bagi siswa kelas
III. Ketidakmampuan dalam minat membaca dengan kemampuan membaca ini
disebabkan oleh kurangnya metode yang diterapkan oleh guru, serta keterbatasan
kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Korelasi Antara Minat Membaca Dengan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III
pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 19 Medan. Metode
penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sisa kelas III
yang ada di SD Muhammadiyah 19 Medan. Variabel bebas dalam penelitian ini
adalah minat membaca siswa sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan
membaca siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan 4 uji yaitu
uji expert judgement, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian
hipotesis dalam penelitian ini adalah uji T. Pengujian hipotesis menggunakan Paired
sampel T-Test yang didahului oleh uji sebelumnya. Menurut hasil uji t (Independent
Samples Test) yang dilaksanakan pada minat membaca dan kemampuan membaca
siswa menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang berada di
bawah 0,05. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol
(H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
minat membaca dan kemampuan membaca siswa kelas III pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia di SD Swasta Muhammadiyah 19 Medan.