dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan bentuk studi pengembangan (Research and
Development) yang bertujuan menghasilkan suatu produk berupa media
pembelajaran “Ular Tangga” untuk mendukung proses belajar tematik pada siswa
kelas III Sd Swasta Bersubsidi Bakti 1 Medan. Latar belakang dari penelitian ini
ialah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan
pembelajaran tematik, khususnya pada materi “Energi dan Perubahannya”,
dikembangkan media pembelajaran Ular Tangga sebagai alat bantu dalam proses
pengajaran. Pengembangan media ini mengikuti model pengembangan yang
digunakan dalam peelitian ini adalah ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan
utama: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi.
Subjek dalam penelitian ini melibatkan satu orang guru wali kelas serta 22 siswa
kelas III sebagai responden. Instrument yang digunakan berupa angket, dengan
instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi yang
ditujukan kepada tiga orang ahli serta angket kepraktisan yang diberikan kepada
guru dan peserta didik. Temuan penelitian menunjukkan media pembelajaran Ular
Tangga layak digunakan dalam pembelajaran, dengan memperoleh rata-rata nilai
93% dari validator ahli desain media (kategori layak), 91% dari validator ahli
bahasa (kategori layak digunakan), dan 95% dari validator ahli materi (kategori
layak digunakan). Sedangkan untuk kepraktisan, media memperoleh rata-rata
sebesar 93% diperoleh dari tanggapan guru (kategori praktis digunakan.
Sementara itu, respon dari siswa mencapai 92% (kategori praktis digunakan).
Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan media pembelajaran ular tangga terbukti
memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan, sehingga sesuai untuk
diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran ditingkat Sd. |
en_US |