| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa pazel
kata yang digunakan untuk mendukung proses belajar membaca permulaan pada
siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima
tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas II dan siswa SD Negeri 054914 Kota
Lama. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi ahli dan angket
kepraktisan guru serta siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pazel kata
memperoleh persentase kelayakan sebesar 75% dari ahli materi, 90% dari ahli
desain, dan 87% dari ahli bahasa yang termasuk dalam kategori “sangat layak”.
Sementara itu, hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa guru memberikan
penilaian sebesar 100% dan siswa sebesar 89%, yang keduanya termasuk dalam
kategori “praktis digunakan”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
media pazel kata layak dan praktis digunakan sebagai alat bantu dalam
pembelajaran membaca permulaan. |
en_US |