| dc.description.abstract |
Berdasarkan hasil observasi pada PLP 3 ditemukan kurangnya pemahaman
siswa terhadap suatu media pembelajaran disebabkan oleh pendekatan yang
terlalu berpusat pada penggunaan buku sebagai sumber dalam proses belajar
mengajar.Serta berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas III SD
Muhammadiyah 25 Medan Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, diketahui
bahwa guru belum megembangkan media pembelajaran interaktif berbasis
diorama. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dalam Bahasa Inggris yakni
(Research and Development) R&D.Penelitian ini melibatkan tahap-tahap seperti
pengumpulan informasi, perancangan, pengujian, dan evaluasi guna
mengembangkan solusi yang inovatif dan bermanfaat.Setelah melewati kelayakan
oleh para ahli, media akan diuji cobakan kepada siswa uji coba dilakukan pada
kelas III SD Muhammadiyah 25 Medan. Selain itu, pada tahap implementasi
(implementation) dapat diketahui juga bahwa hasil uji coba kepraktisan
pendidik/guru mendapat persentase sebesar 90% “sangat praktis” dan hasil uji
coba kepraktisan siswa sebesar 90 % “sangat praktis”. Hasil uji coba dengan guru
dan siswa secara keseluruhan menunjukkan tanggapan yang baik terhadap
penggunaan media ajar berbasis diorama di kelas III SD Muhammadiyah 25
Medan. |
en_US |