Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pola pembinaan
dan pengembangan Praktik Kerja Industri (Prakerin) dalam meningkatkan
kompetensi peserta didik di SMK Negeri 1 Pancur Batu. Melalui pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara,
observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola
pembinaan Prakerin di SMK Negeri 1 Pancur Batu terstruktur, meliputi tahap
perencanaan, pelaksanaan, penilaian, evaluasi, dan tindak lanjut. Pola
pengembangan Prakerin mencakup evaluasi, perluasan jaringan industri,
penyelarasan kurikulum, serta pengembangan kompetensi guru pembimbing.
Efektivitas Prakerin dipengaruhi oleh kurikulum yang terstruktur dan relevan,
kemitraan dan komunikasi dengan industri, peran pembimbing (guru dan industri),
fasilitas pendukung, serta motivasi, kedisiplinan, dan kesadaran siswa. Kendala dan
tantangan yang dihadapi meliputi kesenjangan kurikulum dengan kebutuhan
industri, kurangnya kesiapan siswa, dan keterbatasan sekolah. Upaya sekolah dalam
mengatasi kendala ini adalah peningkatan kualitas kurikulum, pembekalan siswa,
monitoring dan evaluasi, serta kerjasama dengan industri. Hasil Uji Kompetensi
Keahlian (UKK) selama tiga tahun terakhir menunjukkan kompetensi siswa yang
baik, terbukti dengan banyaknya alumni yang bekerja di industri yang relevan. Hal
ini mengindikasikan bahwa pola pembinaan dan pengembangan Prakerin efektif
dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di SMK Negeri 1 Pancur Batu.
Penelitian ini merekomendasikan penyelarasan kurikulum, peningkatan bimbingan,
serta optimalisasi evaluasi dan pemantauan.