| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Perkembangan Media
Pembelajaran Scrapbook pada materi Struktur Tumbuhan dikelas IV SD
Muhammadiyah 08 Medan. Validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, dapat
diketahui hasil validasi ahli materi sebesar 96,6% (Sangat valid), hasil validasi
ahli media sebesar 95% (Sangat valid) dan hasil validasi ahli bahasa sebesar
98,3%. Selain itu, dapat diketahui juga bahwa hasil uji coba kepraktisan guru
mendapatkan persentase sebesar 97,7% (Sangat praktis) dan hasil uji coba
kepraktisan peserta didik mendapatkan persentase 98,1% (Sangat praktis). Hasil
uji coba dengan guru dan peserta didik secara keseluruhan menunjukkan
tanggapan yang baik terhadap penggunaan media pembelajaran scrapbook
tersebut. Dengan hasil instrumen rata-rata valid maka media pembelajaran
scrapbook yang dikembangkan dapat dikatakan Valid untuk digunakan dalam
proses pembelajaran. Peneliti menguji Uji coba dilakukan dengan melibatkan 27
peserta didik, persentase yang diperoleh dari hasil uji coba kepraktisan sebesar
98% dengan kriteria “Sangat Valid/praktis”, persentase skor kepraktisan yang
diperoleh dari penilaian guru sebesar 97,7% dengan kriteria “Sangat
Valid/praktis”. Berdasarkan nilai yang diperoleh dari penilaian kepraktisan media
pembelajaran scrapbook yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media
scrapbook dapat memotivasi peserta didik untuk belajar secara mandiri, dan
membantu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan
peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 08 Medan, dalam proses pembelajaran
khususnya pada mata pelajaran IPAS (Struktur Tumbuhan). |
en_US |