Research Repository

Analisis Kendala Dan Solusi Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Di SMP Negeri 3 Tanjung Beringin

Show simple item record

dc.contributor.author Nandani, Fitri
dc.date.accessioned 2025-10-06T02:57:03Z
dc.date.available 2025-10-06T02:57:03Z
dc.date.issued 2025-08-30
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28855
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di SMP Negeri 3 Tanjung Beringin serta merumuskan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru tahfidz, siswa, dan pihak manajemen sekolah. Teknik pengumpulan data melalului obervasi di lakukan dengan cara mengamati lingkungan sekolah serta siswa-siswi yang ikut dalam pembelajaran tahfidz Al Quran, sedangkan teknik wawancara di lakukan dengan mewawancarai guru tahfidz dan ustazah tahfidz yang ada di sekolah serta teknik dokumentasi yang di lakukan untuk mendapatkan data atau hasil kegiatan pembelajaran tahfidz Al Quran disekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di sekolah meliputi keterbatasan waktu, kurangnya motivasi siswa, minimnya kompetensi pengajar, metode pengajaran yang monoton, serta kurangnya dukungan lingkungan dan orang tua. Untuk mengatasi kendala tersebut, solusi yang diterapkan antara lain penjadwalan ulang waktu pembelajaran, penggunaan metode hafalan yang bervariasi dan menarik, pelatihan bagi guru tahfidz, peningkatan komunikasi dengan orang tua, serta penerapan sistem evaluasi dan murojaah secara rutin. Dengan penerapan solusi yang tepat, pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di sekolah dapat berjalan lebih efektif dan memberikan dampak positif terhadap pencapaian hafalan siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi sekolah dalam mengembangkan program tahfidz yang lebih terstruktur dan berkelanjutan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Tahfidz Al-Qur‟an en_US
dc.subject Kendala Pembelajaran en_US
dc.subject Solusi en_US
dc.subject Sekolah en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.title Analisis Kendala Dan Solusi Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Di SMP Negeri 3 Tanjung Beringin en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account