dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran cooperative learning (Think-Pair-Share) terhadap kemampuan
mengidentifikasi majas pada teks puisi oleh siswa kelas X MAN 1 Medan tahun
ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode eksperimen pretest-posttest one group design. Tekhnik pengumpulan data
menggunakan tes kemampuan mengidentifikasi majas yaang dialkukan sebelum
dan sesudah penerapan model pembelajaran cooperative learning (think-pair
share). Tekhnik analisis data menggunakan standar deviasi, uji validitas, uji
reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis Paired Samples Test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 59,41. Nilai tertinggi adalah 85
dan nilai terendah 40. Setelah diberikan perlakuan melalui model pembelajaran
cooperative learning (Think-Pair-Share), nilai rata-rata postest meningkat
menjadi 81,76 dengan tertinggi adalah 95, dan nilai terendah 70. Uji Paired
Samples Test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005, dengan nilai
thitung 5,20 > ttable 1,69 (df = 33). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran cooperative learning
(think-pair-share). |
en_US |