Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan mengenai kurangnya
keaktifan belajar siswa, guru kurang menggunakan variasi metode dalam
pembelajaran dan media pembelajaran oleh sebab itu hanya beberapa siswa saja
yang memperhatikan guru pada saat menjelaskan materi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui adanya pengaruh menggunakan media pembelajaran diorama
terhadap keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas V SD Swasta Bakti I
Medan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 9 siswa
perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel
penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi.
Variabel bebas pada penelitian ini media pembelajaran diorama dan variabel
terikat dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa. Pengujian hipotesis
yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan uji indenpendent
sample T-test mendapatkan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05. Berarti hasil nilai
signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima
berarti mendapatkan pengaruh signifikan media pembelajaran diorama terhadap
keaktifan belajar siswa dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh media pembelajaran diorama terhadap kekatifan belajar siswa kelas V
SD Swasta Bakti I Medan.