Abstract:
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Pop Up Book pada materi alat indra manusia terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperimen). Sampel penelitian siswa kelas IV SD Muhammadiyah Medan berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media Pop Up Book dengan yang tidak menggunakan media tersebut. Analisis hasil posttest mengungkapkan nilai signifikansi 0.000, yang kurang dari ambang 0,05; akibatnya, hipotesis nol (Ho) ditolak sementara hipotesis alternatif (Ha) diterima, menandakan hubungan yang signifikan secara statistik antara setiap variabel independen dan variabel dependen.Penggunaan media Pop Up Book terbukti dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi alat indra manusia, sehingga berdampak positif pada peningkatan hasil belajar IPAS. Dengan demikian, media Pop Up Book dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif di sekolah dasar.