Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model
pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Matematika kelas IV di SD Al Washliyah Medan Labuhan. Model
TGT merupakan salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif yang dirancang
untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan kompetitif.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif, melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerima
perlakuan pembelajaran menggunakan model TGT, dan kelompok kontrol yang
mendapatkan pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui pretest dan
posttest yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
nilai thitung sebesar 6,993 lebih besar dari ttabel sebesar 1,679, yang berarti
terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Temuan ini
membuktikan bahwa penerapan model TGT memberikan pengaruh positif dan
signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
Matematika. Model ini terbukti mampu meningkatkan partisipasi aktif, motivasi
belajar, serta pemahaman konsep siswa secara lebih mendalam. Oleh karena itu,
model pembelajaran TGT direkomendasikan sebagai alternatif strategi
pembelajaran inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya di
jenjang sekolah dasar.