Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku
Pop Up Book guna meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada
siswa kelas IV SD. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya variasi media
pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta minimnya partisipasi siswa dalam
kegiatan berbicara di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah Research
and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari
tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IV dan guru SD Negeri 054914 Kota Lama. Data
dikumpulkan melalui angket validasi dari ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa,
serta angket kepraktisan dari guru dan siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa
media Pop Up Book sangat layak digunakan dengan nilai kelayakan 75% dari ahli
materi, 96% dari ahli desain, dan 75% dari ahli bahasa. Hasil uji kepraktisan
menunjukkan bahwa guru memberikan penilaian sebesar 100% dan siswa sebesar
85%, yang termasuk kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, media
Pop Up Book dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan sebagai media
pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Indonesia.