Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang masih kurang penalaran
terhadap pembelajaran matematika sehingga berpengaruh terhadap rendahnya
hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
Pengaruh Media Corong Berhitung terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas III UPT. SD Negeri 12 Dahari Indah Kab. Batu Bara. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu
teknik penetapan sampel jika semua anggota populasi digunakan. Sampel pada
penelitian ini berjumlah 30 siswa dengan hanya mengambil 1 kelas yaitu kelas III.
Instrumen penelitian ini menggunakan lembar tes berbentuk pilihan ganda.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan desain penelitian
One Grup Pre-Test Post-Test yang hanya dilakukan pada satu kelompok tanpa
adanya kelompok pembanding. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan
uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil dari pre-test yang diberikan
sebelum menggunakan perlakuan hanya 4 siswa yang memenuhi nilai KKM dan
26 siswa belum memenuhi KKM Dengan nilai rata-rata 47,67 termasuk kedalam
kategori kurang. Sedangkan hasil dari post-test yang diberikan setelah
menggunakan perlakuan adanya peningkatan dimana terdapat 28 sudah memenuhi
standart KKM dan 2 siswa yang belum memenuhi KKM dengan nilai rata-rata
80,67 termasuk kedalam kategori baik. Pada hasil analisis uji t diperoleh hasil
signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka terdapat
Pengaruh Media corong Berhitung terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas III UPT. SD Negeri 12 Dahari Indah Kab. Batu Bara.